Interpersonal Skill- Karakteristik manusia komunikasi, factor-faktor yang mempengaruhi, Intrinsik dan Emosi



KARAKTERISTIK MANUSIA KOMUNIKAN 


Prolog
Gnothi Seauthon (kenalilah dirimu).
Motto yang menjadi sumber berkembangnya filsafat di Yunani. Gnothi Seauthon- kenalilah dirimu!
Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, ilmu komunikasi mempunyai peran utama atau subyek sebagai pelaku utama dalam proses berjalannya sebuah komunikasi yaitu manusia.
Sebelum berbicara tentang komunikasi terlebih dahulu perlu dibahas faktor utamanya yaitu, manusia itu sendiri dengan menggunakan kajian ilmu psikologi.
Dalam versi psikologi ahli linguistic dan ahli teknik mempunyai tugas yaitu sebagai berikut:
  • ahli linguistic membahas komponen-komponen yang membentuk struktur pesan
  • ahli teknik menganalisa berapa banyak ”noise” terjadi di jaklan sebelum pesan sampai pada komunikate, dab berapa banyak pesan yang hilang
PSIKOLOGI KOMUNIKASI
Fokus psikologi komunikasi adalah manusia komunikan. Sebagai psikolog, kita memandang komunikasi justru pada perilaku manusia komunikan. Karena itu, penting terlebih dahulu kita mengenal diri kita
Psikologi mulai masuk ketika membicarakan bagaimana manusia memproses pesan yang diterimanya.
Bagaimana cara berpikir dan cara melihat manusia dipengaruhi oleh lambang-lambang yang dimiliki.
  1. Konsepsi Psikologi Tentang Manusia
ada 4 Teori pendakatan psikologi
  1. Psikoanalisis
  2. Kognitif
  3. Bahaviorisme
  4. Humanisme

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PENGANTAR MANAJEMEN- Fungsi fungsi Manajemen



FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

Pendahuluan
Terdapat beberapa fungsi-fungsi menejemen yang dikemukakan para pakar, Fungsi fungsi manajemen menurut beberapa parapakar adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan mengikuti suatu tahapan-tahapan tertentu dalam pelaksanaannya. Pendapat lain bahwa fungsi Manajemen ialah berbagai jenis tugas atau kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Fungsi-funngsi Manajemen Dari Beberapa Pakar
Fungsi-fungsi manajemen berkembang terus menjadi melebihi empat buah (banyak).
Luther Gullick: Perencanaan; Pengorganisasian; Staf (Penyusunan pegawai); Pembinaan kerja; Pengkoordinasian; Pelaporan; Pengawasan; Anggaran.
George Terry: Perencanaan; Pengorganisasian; Penggerak (Actuating); Pengawasan.
James Stone: Perencanaan; Pengorganisasian; Pimpinan; Pengawasan.
Kootz dan Donnel: Perencanaan; Pengorganisasian; Staf (Penyusunan pegawai), Pembinaan kerja; Pengawasan.
Richard Griffin: Perencanaan; Pengorganisasian; Pimpinan; Pengawasan.
Earnest Dale: Perencanaan; Pengorganisasian; Staf (penyusunan pegawai) Presentasi; Pengawasan.
Hendry Foyal: Perencanaan; Pengorganisasian; Pimpinan; Pengawasan.
Lyndall Urwick: Peramalan; Perencanaan; Pengorganisasian; Pemberikomando; Pengkoordinasian; pelaporan; Pengawasan.
Fungsi-fungsi manajemen dari yang dikemukakan para pakar itu bila di rekapitulasi adalah sebagai berikut: Peramalan; Perencanaan; Pengorganisasian; Penggerak; Pimpinan; Pemberikomando; Staf (Penyusunan pegawai); Pembinaan kerja; Pengkoordinasian; Pelaporan; Presentasi; Pengawasan; Anggaran.
Uraian ringkas fungsi-fungsi manajemen
Berikut paparan mengenai fungsi-fungsi manajemen secara ringkas sebagai berikut:
Peramalan/Perkiraan (Forecasting)
Forecasting adalah meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan perkiraaan/ taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.
Siapa yang membutuhkan manajemen dan mengapa manajemen diperlukan
Manajemen dibutuhkan oleh semua orang,kelompok,ataupun organisasi untuk mengatur ,merencanakan segala hal untuk dapat hasil yang baik di kemudian.Untuk mencapai tujuan tersebut, manajer perlu menjaga keseimbangan antara tuntutan yang bertentangan dari para pemangku kepentingan organisasi. Stakeholders adalah semua orang, yang memiliki saham dalam keberhasilan organisasi, termasuk karyawan, pemilik, pelanggan, kreditur dan lain-lain. Pemilik mencari pengembalian yang memuaskan atas investasi mereka, karyawan yang ingin membayar baik dan kondisi kerja yang nyaman, manajemen juga harus menyenangkan pelanggan, karena tanpa mereka perusahaan akan memiliki tujuan kecil, kreditur, pemasok, asosiasi perdagangan juga harus dipertimbangkan. Jadi, manajemen harus menyeimbangkan kepentingan kelompok yang berbeda. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

INTERPERSONAL SKILL- Pengertian interpersonal skill, Komunikasi, Tanda-tanda komunikasi yang efektif



Interpersonal

Adalah adanya komunikasi secara langsung atau face to face communication pada waktu dan tempat yang sama . Interpersonal Skill bukan merupakan bagian dari karakter kepribadian yang bersifat bawaan, melainkan merupakan ketrampilan yang bisa dipelajari. Interpersonal Skill yang baik dapat dibangun antara lain dari kemampuan mengembangkan perilaku dan komunikasi yang asertif . komunikasi yang dilakukan dengan orang lain sehingga tindak balas dan evaluasinya memerlukan orang lain.

Tidak bisa dipungkiri bahwa internet sangat dibutuhkan semua orang di jaman yang sudah modern ini, seperti menonton video melalui youtube, melakukan komunikasi dengan teman atau pacar melalui jejaring sosial yang ada di internet dengan menggundakan facebook dan twitter. Internet juga memiliki sisi positif dan sisi negatifnya. Sisi positifnya itu seperti mencari informasi dengan menggunakan internet dan juga dapat mendapat pelajaran dari internet.

Intrapersonal

Komunikasi  antar pribadi (interpersonal communication) adalah kajian tentang proses komunikasi antar dua pribadi yang berbeda dan diharapkan masing – masing peserta komunikasi dapat menangkap reaksi secara langsung baik verbal maupun nonverbal atau komunikasi yang terjadi dalam diri sendiri maka tindak balas yang dilakukan ialah dalam internal diri sendiri.

Sebagai contoh, seseorang ingin memajukan usahanya melalui internet, seperti mempromosikan usahanya melalui facebook, twitter maupun melalui blog. karena dia tahu hampir seluruh orang di dunia ini menggunakan internet.

itulah sebagian fenomena interpersonal dan intrapersonal yang ada dalam internet. baik itu sisi positif dan sisi negatifnya, itu semua kembali pada diri orang itu sendiri.


Tanda-tanda komunikasi efektif menimbulkan lima hal :
  1. Pengertian / Pemahaman
Seorang komunikator dikatakan efektif bila penerima memperoleh pemahaman yang cermat atas pesan yang disampaikannya.
  1. Kesenangan
Tujuan mazhab analisis transaksional adalah sekadar berkomunikasi dengan orang lain untuk menimbulkan keakraban. Komunikasi semacam ini biasa disebut komunikasi fatik atau mempertahankan hubungan insani. Dan komunikasi inilah yang menjadikan hubungan kita hangat, akrab dan menyenangkan.
  1. Mempengaruhi sikap
Komunikasi persuasif memerlukan pemahaman tentang faktor-faktor pada diri komunikator, dan pesan menimbulkan efek pada komunikan. Persuasif didefinisikan sebagai “ proses mempengaruhi pendapat, sikap dan tindakan dengan menggunakan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. Dalam berbagai situasi kita berusaha mempengaruhi sikap orang lain, dan berusaha agar orang lain memahami ucapan kita.
  1. Memperbaiki hubungan/ hubungan sosial yang baik
Sudah menjadi keyakinan umum bahwa bila seseorang dapat memilih kata yang tepat, mempersiapkannya jauh sebelumnya, dan mengemukakannya dengan tepat pula maka hasilnya adalah komunikasi yang sempurna. Dan dapat dipastikan hubungan sosial yang baik akan timbul.
  1. Tindakan
Persuasi juga ditujukan untuk melahirkan tindakan yang dihendaki. Menimbulkan tindakan nyata memang indikator efektivitas yang paling penting. Karena untuk menimbulkan tindakan, kita harus berhasil lebih dulu menanamkan pengertian, membentuk dan mengubah sikap, atau menumbukan hubungan yang baik.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PENGANTAR MANAJEMEN- Pendekatan Manajemen



PENDEKATAN MANAJEMEN

(Materi Kuliah Asas-asas Manajemen)

APAKAH PENTINGNYA MEMPELAJARI PENDEKATAN  MANAJEMEN?:

Dalam mempelajari pendekatan-pendekatan manajemen terlebih dahulu kita mengenal dua istilah yang berhubungan dengannya, yaitu pemikiran manajemen dan teori manajemen.

PEMIKIRAN MANAJEMEN (management thought) : menunjuk teori dan prinsip2 yang menuntun manajemen orang dalam organisasi.
Pemikiran manajemen merupakan teori yang mengantar manajer dalam memahami dan mengatur orang2 yang bekerja untuk mereka.

TEORI MANAJEMEN: adalah teori yang menjelaskan mengapa suatu praktek tertentu adalah efektif atau tidak efektif.
Teori manajemen dibutuhkan untuk memprediksi dan mengontrol perilaku manusia dalam lingkungan kerja. Tanpa teori  seorang manajer tidak tahu mengapa organisasinya berhasil atau tidak berhasil. Tanpa pemahaman manajer tidak ingin berusaha mencapai sasaran dimasa yang akan datang.
Karena manajemen adalah disiplin terapan yang relatif baru, maka kita perlu mempelajari ide2 dari teori2 yang sudah pernah ada. Disinilah pentingnya kita mempelajari pendekatan atau teori-teori manajemen.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

FUNGSI PERCETAKAN PADA DOKUMEN DAN FUNGSI-FUNGSI TAMBAHAN PADA MICROSOFT WORD





PEMBAHASAN

2.1 Cara Print atau Mencetak Dokumen
            Proses print atau mencetak dokumen merupakan tahap akhir dari pembuatan sebuah dokumen. Mencetak atau print dokumen itu sendiri menggunakan sebuah alat yang disebut printer. Printer dipasaran banyak sekali merk dan jenisnya dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
            Syarat agar dapat melakukan mencetak atau ngprint,  adalah sudah terinstallnya driver printer yang digunakan. Dokumen dapat dibuat dengan menggunakan program atau aplikasi. Setiap aplikasi menyediakan fasilitas atau fitur perintah print, seperti Ms Office, Adobe photoshop, corel draw, page maker, adobe reader, dan program-program lainnya.
            Setelah data dokumen baik berupa tulisan, gambar, atau dokumen yan lain telah selesai dibuat atau diedit, maka langkah terakhir pembuatan dokumen tersebut adalah mencetak ke kertas. Ukuran kertas yang anda gunakan adalah sesuai dengan kebutuhan masing-masing dokumen.
            Cara mencetak atau print dokumen dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah berikut ini. Sebagai contoh printer yang anda gunakan adalah printer CANON :
2.1.1         Pastikan anda masih membuka dokumen yang akan anda  cetak.
2.1.2         Tekan Ctrl+P untuk membuka perintah print.

2.1.3         Pada jendela Print, pastikan name terisi sesuai dengan merk printer anda.
2.1.4         Pada page range atur halaman yang akan anda cetak.
2.1.4.1  Pilih all untuk mengecek semua halaman
2.1.4.2  Current page untuk mencetak halaman yang sedang aktif
2.1.4.3  Pages, untuk memilih halaman tertentu untuk dicetak.
2.1.5        Pada copies, atur berapa jumlah masing-masing halaman tersebut dicetak.
2.1.6        Untuk mengatur ukuran kertas pada printer, klik properties. Pada jendela yang muncul ubah ukuran kertas pada pilihan size.

2.1.7        Jika sudah klik OK dan OK lagi untuk memulai mencetak.

2.2      Fungsi Percetakan Pada Dokumen
Setelah dokumen selesai dicetak maka itu adalah hasil akhirnya, ada beberapa fungsi percetakan pada dokumen antara lain :
2.2.1        Melihat kejelasan dari data yang dibuat
2.2.2        Memperbanyak hasil dari dokumen yang dibuat
2.2.3        Dokumen mudah dibawah
2.2.4        Dokumen mudah diperbanyak dan disalurkan
Fungsi itu adalah bagian dari kegunaan print dokumen, agar semua pihak yang memerlukan dokumen tersebut mudah mendapatkannya, tidak meski dalam bentuk soft copy di dalam bentuk  hard copy.

2.3      Fungi-fungsi tambahan pada Ms Word
Microsoft Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool.
2.3.1        Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
2.3.1.1  Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert,    Page Layout
2.3.1.2  Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
2.3.1.3  Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. 
Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
2.3.2        Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Penulisan Kalimat(Pola Kalimat) Dan Paragraf



KALIMAT (POLA KALIMAT) DAN PARAGRAF

A. Kalimat (Pola Kalimat)
Kalimat adalah gabungan dari dua buah kata atau lebih  yang menghasilkan suatu pengertian dan pola intonasi akhir. Kalimat terdiri dari berbagai unsur seperti subyek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Sebuah kalimat dikatakan sempurna bila memiliki minimal dua unsur, yaitu subyek dan predikat.
1.    Subyek (S)
a.    Disebut juga pokok kalimat, karena merupakan unsure inti suatu kalimat.
b.    mumnya berupa kata benda (KB) atau kata lain yang dibendakan.
c.    Merupakan jawaban dari pertanyaan “Siapa” atau “Apa”.
Contoh :
Ø  Siwon adalah seorang actor dan penyanyi.
Ø  Super Junior  adalah boyband favoritku.
Ø  Buku itu dibeli oleh Kibum.
2.    Predikat (P)
a.    Unsur inti pada kalimat  yang berfungsi menjelaskan subyek.
b.    Biasanya berupa kata kerja (KK) atau kata sifat (KS).
c.    Merupakan jawaban dari pertanyaan “Mengapa” dan “Bagaimana”.
Contoh :
Ø  Yesung menyanyi dengan merdu.
Ø  Hangeng memasak nasi goreng.
Ø  Leeteuk membaca majalah.
3.    Objek (O)
a.    Keterangan predikat  yang memiliki hubungan erat dengan predikat.
b.    Biasanya terletak di belakang predikat.
c.    Dalam kalimat pasif, objek akan menempati posisis ubyek.
Ada dua macam objek, yaitu :
·        Objek Penderita: kata benda atau yang dibendakan baik berupa kata ataukelompok kata yang merupakan sasaran langsung dari perbuatan atau tindakan yang dinyatakan oleh subyek.
·        Makna objek penyerta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Penulisan Daptar Pustaka,Kutipan dan catatan Kaki



Pembahasan


1.DAFTAR PUSTAKA
·         Daftar pustaka merupakan suatu aspek penting dalam penyusunan karya ilmiah. Daftar pustaka menguraikan daftar referensi penunjang penyusunan karya ilmiah. Daftar pustaka berisikan senarai buku-buku, kutipan, dan situs web / website dari internet sebagai elemen pendukung dalam menyelesaikan karya ilmiah. Dalam penulisan daftar pustaka diperlukan pedoman dan petunjuk agar penulisan daftar pustaka tersebut tepat dan benar.

Pedoman Penulisan Daftar Pustaka
  Daftar pustaka ditulis dengan jarak satu spasi, dan antara pustaka satu dengan lainnya ditulis dengan jarak dua spasi.
  Daftar pustaka ditulis dengan urutan:
      Nama pengarang;
      Judul buku;
      Kota;
      Penerbit;
      Tahun terbit.
  Penulisan nama diambil nama belakang (bilamana lebih dari satu kata) dan disusun secara alphabet (A-Z).
  Penulisan al dan ibn (unutk nama Arab) serta van (untuk nama Belanda) diabaikan dalam penyusunan alphabet.
  Jika karya yang dikutip berupa terjemahan, maka nama penerjemah ditulis dengan nama karya, didahului kata "terj".
  Judul buku dalam jurna atau buku Antologi ditulis tegak dan diberi tanda kutip. Nama jurna dan judul buku Antologi ditulis miring.
  Penulisan tanda koma ( , ) diletakkan setelah nama pengarang, judul buku artikel atau buku, nama penerjemah dan nama penerbit.
  Penulisan tanda titik dua ( : ) ditempatkan setelah kota penerbit atau tahun.
  Penulisan tanda titik ( . ) ditempatkan di bagian akhir daftar pustaka.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS