Istilah-istilah dalam Bidang Software (Perangkat Lunak)
Abstraction
Merupakan prinsip penyederhanaan
dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan
kelas sesuai dengan masalahnya
Algoritma
Urutan langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis
Array
Struktur data yang menyimpan
sekumpulan elemen yang bertipe sama
Atribut
Karakteristik atau ciri yang
membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya
Authentication
Proses memeriksa keabsahan
seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya pada DBMS)
Basic Input/Output System
(BIOS)
Kode-kode program yang pertama
kali dijalankan ketika komputer dinyalakan
(booting)
Basis data (database)
Kumpulan dari data yang saling
berhubungan satu dengan yang lainnya,
tersimpan dalam perangkat keras
komputer dan digunakan perangkat lunak
untuk memanipulasinya
Command Line Interface
(CLI)
Antar muka pengguna dengan model
perintah-perintah teks
Compiler
Penerjemah bahasa pemrograman
tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara sekaligus seluruh kode program.
Prosesnya disebut kompilasi.
Component Object Model
(COM)
Infrastruktur yang disediakan
oleh Visual Basic untuk mengakses obyek-obyek atau kontrol-kontrol lain
sepanjang punya antar muka yang dapat diakses oleh Visual Basic.
Constraint
Batasan-batasan dari masalah
Control
Aktivitas monitoring dan evaluasi
terhadap feedback untuk menentukan apakah system telah bekerja dengan baik
atau tidak
Counter
Variable pencacah yang digunakan
dalam struktur algoritma pengulangan
Database Management System
(DBMS)
Perangkat Lunak yang khusus /
spesifik ditujukan untuk pengelolaan basis data
Disk Operating System
(DOS)
Salah satu sistem operasi lama
berbasis CLI
Elektronika
Ilmu yang mempelajari alat
listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran
elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat
Entitas
Individu yang mewakili sesuatu
yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain
Extensible Hypertext Markup
Language (XHTML)
HTML versi terakhir (4.01) yang
ditulis ulang dengan aturan-aturan yang
lebih ketat mengacu pada XML
Extensible Markup Language
(XML)
Sekumpulan aturan untuk menyusun
bahasa markup
Feedback
Data tentang kinerja sistem
Flowchart
Skema/bagan (chart) yang
menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika
Gejala
Signal atau tanda terjadinya
suatu masalah
Gerbang logika
blok-blok penyusun dari perangkat
keras elektronik
Graphical User Interface
(GUI)
Antar muka pengguna dengan model
grafis
Identifier
Nama dari suatu variable atau
konstanta
Ilmu komputer
Suatu studi sistematis pada
proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransfor-masikan informasi
Inheritance atau pewarisan
Prinsip pewarisan sifat dari
orang tua ke anak atau turunannya yang diterapkan pada kelas
Inisialisasi
Instruksi yang dilakukan pertama
kali pada suatu variabel atau ekpresi pemrograman
Input
Elemen-elemen yang masuk ke dalam
system
Integrated Developement Environment
(IDE)
Lingkungan pengembangan aplikasi
terintegrasi. Perangkat lunak untuk membantu mempermudah pembuatan
aplikasi komputer
Interpreter
Penerjemah bahasa pemrograman
tingkat tinggi ke bahasa mesin dengan cara satu per satu baris dibaca dan
langsung diterjemahkan
Kardinalitas
Jumlah maksimum entitas pada
suatu himpunan entitas yang dapat berelasi
dengan entitas pada himpunan
entitas yang lain
Konstanta
Variabel yang nilai datanya
bersifat tetap dan tidak bisa diubah.
Loop
Proses pengulangan suatu perintah
Masalah (problem)
Perbedaan antara situasi aktual
dan situasi yang diharapkan atau perbedaan antara kondisi sekarang dengan
target atau tujuan yang diinginkan
Model
Penyederhanaan dari suatu system
atau Tiruan dari suatu sistem dengan sedikit atau banyak penyederhanaan
Multi-tasking
Kemampuan sistem operasi untuk
menjalankan beberapa tugas / aplikasi secara bersamaan
Kemampuan system operasi untuk
dijalankan oleh pengguna yang berbeda pada waktu bersamaan
Output
Perpindahan elemen-elemen yang
dihasilkan dari proses perubahan ke tujuan yang diinginkan
Pemecahan masalah
Sebuah proses dimana suatu
situasi dianalisa kemudian solusi-solusi dibuat bila ditemukan ada masalah
dengan cara pendefinisian, pengurangan atau penghilangan, atau pencegahan
masalah
Pemrograman Berorientasi Obyek
(Object Oriented Programming – OOP)
Paradigma pemrograman yang
menggunakan obyek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan program komputer
Pemrograman web
Usaha untuk membuat halaman web
dengan menggunakan bahasa pemrograman web (script)
Perangkat lunak
Seluruh instruksi yang digunakan
untuk memproses informasi
Permissions
Proses untuk menentukan apa yang
bisa dilakukan seorang pengguna pada suatu sistem
Pointer
Variabel yang menyimpan alamat
pada memori komputer
Polymorphism
Kemampuan dari suatu obyek untuk
mempunyai lebih dari satu bentuk
Seseorang yang bekerja membuat
program komputer
Prosedur
��
Instruksi yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi
��
Sekumpulan perintah yang merupakan bagian dari program yang lebih besar
yang berfungsi mengerjakan suatu tugas tertentu
Proses
Perubahan atau transformasi input
menjadi output
Prototyping
Salah satu pendekatan dalam
pengembangan perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan
bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak
akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan
Pseudocode
Cara penulisan algoritma dengan
menggunakan kode-kode yang mirip dengan bahasa pemrograman
Query
Permintaan atau pencarian pada
data-data tertentu pada suatu basis data
Record
Baris data dari suatu
tabel suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat
lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan
spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai
pemeliharaan sistem setelah digunakan
Relationship atau relasi
Hubungan yang terjadi antara
sejumlah entitas
Sistem
Kumpulan dari elemen-elemen yang
saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu
Sistem basis data
Kumpulan elemen-elemen seperti
basis data, perangkat lunak, perangkat keras, dan manusia yang saling
berinteraksi untuk mencapai tujuan yaitu pengorganisasian data.
Software
Lihat Perangkat Lunak
Software Engineering
Lihat Rekayasa Perangkat Lunak
Solusi
Bagian akhir atau output dari
proses pemecahan masalah.
Stored procedure
Potongan kode program yang dapat
menerima parameter input dan menghasilkan satu atau lebih parameter output
dan digunakan untuk operasi-operasi basis data
Structured Query Language
(SQL)
Bahasa query terstruktur untuk
mengelola basis data
Strategi pemecahan masalah
Metode atau pendekatan yang
digunakan seseorang ketika menghadapi masalah
Struktur algoritma
Cara atau urutan untuk membuat
suatu algoritma
Tipe data
Jenis data yang dapat diolah oleh
komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer
Trigger
Tipe khusus dari stored procedure
yang akan dieksekusi ketika suatu kejadian
muncul
Variabel
Tempat dimana kita dapat mengisi
atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan pada
suatu program
View
Tabel virtual yang isinya
berdasarkan pada query yang dilakukan pada basis data.
Web browser
Perangkat lunak yang berfungsi
menerjemahkan kode-kode HTML menjadi tampilan yang kita kehendaki
Halaman-halaman web yang isi dan
informasinya berubah-ubah sesuai dengan permintaan pengguna
Web server
Perangkat lunak yang bertindak
melayani permintaan-permintaan client terhadap halaman-halaman web
tertentu
Halaman-halaman web yang isi dan
informasinya tidak berubah-ubah
0 comments:
Post a Comment